Sekapur Sirih

Welcome to my Blog!
Saya Mukti Yulianto, seorang penulis, apoteker dan pecinta alam.

When I'm not working, I'm blogging :-)

Follow Me

Subscribeto blog
Follow me onTwitter
Add myFacebook

Pengikut

Copyright


© 2014 by Mukti Yulianto.

Terimakasih atas kunjungannya. Mohon kritikan dan sarannya. Jika ada yang bermanfaat, silahkan dishare.

Minggu, 26 Agustus 2012
Manfaat puasa syawal bagi kesehatan dibenarkan oleh para ahli kesehatan. Umat islam disunnahkan melakukan puasa 6 hari setelah lebaran idul fitri. Meskipun tidak wajib tapi banyak orang yang menjalankan ibadah puasa syawal dengan tujuan ingin memperoleh banyak pahala. Tapi selain itu ternyata manfaat puasa syawal juga baik bagi kesehatan. Saat menjalani puasa ramadhan sebulan penuh, alat pencernaan dikondisikan untuk bekerja lebih lambat karena perubahan jadwal pola makan yang sebelumnya 3 kali sehari menjadi dua kali saja. Berhubung hari kemenangan yang dinantikan yaitu idul fitri telah tiba maka pola makan kita akan kembali normal seperti biasa karena pada 1 syawal haram hukumnya bagi seorang muslim untuk berpuasa.

Manfaat Puasa Syawal

manfaat puasa syawal
Saat hari raya biasanya di meja makan terhidang aneka hidangan lezat untuk disantap bersama keluarga dan para keraban yang mudik ke kampung halaman. Tentu saja pola makan yang tiba-tiba berubah membuat pencernaan kita menjadi "shock" oleh karena itu dibutuhkan 2-3 hari bagi perut kita dalam menjalani masa transisi, disinilah letak manfaat puasa syawal .Maka dari itu saat lebaran lebih baik Anda memilih makanan yang lembut agar perut kita tidak terlalu sulit untuk beradaptasi. Karena tersedia banyak makanan mulut kita serasa tidak mau berhenti untuk makan apalagi bila tersedia juga es buah yang dingin dan segar. Jika hal itu terjadi maka jangan heran jika Anda akan mengalami masalah pencernaan yang disebabkan terlalu banyaknya makanan yang merangsek ke dalam perut kita.

Manfaat Puasa Sunnah 6 Hari

Menurut salah satu ahli kesehatan dari IPB Prof Hardinysah, umat Islam sebaiknya menjalani puasa sunnah 6 hari setelah 1 syawal sebagai masa transisi dan sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Dengan demikian saat kembali beraktivitas seperti biasa kita tidak akan mengalami masalah pada sistem pencernaan kita. Berhubung masih dalam suasana lebaran tak lupa admin ngenee mengucapkan selamat idul fitri 1433 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga artikel manfaat puasa syawal bermanfaat bagi Anda yang menjalankannya.

0 komentar: