Sekapur Sirih

Welcome to my Blog!
Saya Mukti Yulianto, seorang penulis, apoteker dan pecinta alam.

When I'm not working, I'm blogging :-)

Follow Me

Subscribeto blog
Follow me onTwitter
Add myFacebook

Pengikut

Copyright


© 2014 by Mukti Yulianto.

Terimakasih atas kunjungannya. Mohon kritikan dan sarannya. Jika ada yang bermanfaat, silahkan dishare.

Jumat, 09 Mei 2014
Banyak mahasiswa memilih tema skripsi sesuai dengan materi yang dikuasai atau ilmu yang diminati. Waktu itu justru dari ilmu yang saya minati, saya tak pernah dapat ide atau tema untuk sebuah penelitian skripsi. Namun, justru muncul sebuah tema skripsi yang berasal dari materi kuliah yang sebetulnya sulit saya pahami, terbukti dengan nilai farmakologi C+ itu pun karena hasil remed atau semester pendek (agak lupa) dimana nilai sebelumya adalah D. 

Mungkin jika orang tahu diawal saya adalah orang gila yang ingin mendaki puncak tanpa bekal makanan dan bisa saja masuk jurang. Ada dalam waktu kuliah saya merasa tidak ada yang menarik karena segalanya hanya menuruti perintah alur yang ada. Dengan mengucap bismillah saya pun ambil tema skripsi dengan materi yang blm saya pahami yaitu "Efek Hipoglikemik Ekstrak Etanol Buah Pare dan Ekstrak Etanol Daun Pahitan terhadap Tikus Wistar Jantan yang Diinduksi Aloksan". 

Bagi saya waktu itu, saya ingin belajar sungguh-sungguh karena memang sebelum-sebelumnya saya kurang dalam hal belajar, saya harus bisa karena ini tantangan berat bagi saya. Maka waktu itu, saya pun mengambil mata kuliah farmakologi kembali untuk yang kedua kali (Ujian ke-3 kali) bersama adek-adek tingkat dengan tujuan belajar memahami mata kuliah tersebut dengan sungguh-sunguh.

Well, akhirnya dari semula D menjadi C+ akhirnya bisa memuncaki peringkat atas dengan nilai A. Sungguh indahnya ternyata belajar Farmakologi. Dan lebih dari itu, ternyata hasil ujian pendadaran skripsi tentang farmakologi bahan alam saya mendapat nilai A. Maha Suci Alloh, Tuhan yang maha pengasih lagi penyayang. Akhirnya saya mempercayai bahwa jika kita ingin mendapatkan kesuksesan atau kemudahan maka carilah cara yang paling kita anggap sulit. Janji Alloh itu pasti, pasti ada kemudahan dibalik setiap kesulitan.

*Bukan maksud Riya' tapi semoga bisa diambil hikmahnya. keluarlah dari zona nyaman dan aman. Sungguh nikmat itu hadir dari cara-cara yang sulit

0 komentar: